Makanan Yang Bisa Memperkecil Ukuran Kista

Posted on

Makanan yang bisa memperkecil kista lebih banyak terdiri dari buah-buahan dan sayuran, karena ini dinilai sebagai salah satu gaya hidup dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat yang kandungannya mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sekaligus memberikan manfaat baik dalam menyusutkan ukuran kista yang terdapat dibagian tubuh manapun.

benjolan kista

Tips Alami Mengatasi Kista

Jika Anda mengalami gejala yang berhubungan dengan kista, metode alami dapat mengurangi ketidaknyamanan yang Anda rasakan akibat pertumbuhan kista.

Langkah 1 : Mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks.

Berdasarkan hasil riset, ukuran kista dapat mengalami perkembangan secara teratur. Sindrom ini bisa dikaitkan dengan peningkatan resiko orang yang terkena penyakit diabetes. Jika Anda  mengonsumsi karbohidrat kompleks,  maka dapat menambah serat makanan yang  juga bermanfaat dalam membantu memperlambat pencernaannya ataupun memperlambat fluktuasi gula darah penyebab diabetes.

Berdasarkan pengertiannya, karbohidrat sederhana merupakan sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh, yang mudah juga meningkatkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Contoh makanan dengan karbohidrat sederhana yaitu gula merah, ula pasir, madu, yogurt, susu, coklat, biskuit, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian dari karbohidrat kompleks, yaitu sumber energi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap tubuh sehingga dalam meningkatkan kadar glukosa darahpun menjadi lebih lambat. Karbohidrat kompleks bisa berasal dari pisang, tomat, stawberry, wortel, kacang polong dan masih banyak lagi.

Jadi, alangkah baiknya jika kita lebih memilih makanan dengan berkarbohidrat sederhana untuk mencegah peningkatan gula darah. Salah satu ahli kesehatan juga menambahkan keterangan bahwa wanita dengan kista lebih cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga dapat menyebabkan gula darah tinggi.

Langkah 2 : Konsumsi makanan dengan glikemik rendah.

Glikemik merupakan ukuran mencapai peningkatan gula darah didalam tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan glikemik rendah seperti sayuran berdaun gelap atau kacang-kacangan, dapat membantu meringankan kista. Sementara makanan dengan glikemik tinggi dapat menyebabkan kadar insulin meningkat . Makanan dengan kandungan glikemik tinggi terdapat dalam jagung.

Langkah 3 : Aktivitas Fisik.

Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit, lima hari dalam satu minggu. Tak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, cukup aktivitas ringan dengan catatan dilakukan secara rutin dan teratur untuk dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Olahraga juga cukup baik dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga berat badan yang ideal.

Langkah 4 : Konsumsi Protein.

Tekankan makanan protein sehat seperti ikan, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak, bukan daging merah atau unggas berdaging gelap. Hindari daging merah dan unggas dengan daging berwarna gelap karena cenderung memiliki jumlah lemak lebih tinggi yang dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga obesitas (kelebihan berat badan). Obesitas dan kadar insulin berlebih merupakan faktor risiko untuk mengembangkan pembentukan kista. Mengurangi jumlah daging merah dan unggas daging gelap yang Anda makan dapat mengecilkan kista sehingga mengurangi kemungkinan mereka untuk kembali tumbuh.

Langkah 5 : Tidak konsumsi kafein.

Hindari mengkonsumsi minuman berkafein termasuk kopi, teh dan minuman ringan. Menurut beberapa ahli kesehatan internasional, minuman berkafein mengandung zat yang dikenal sebagai methylxanthines. Zat ini bisa mengganggu kerja enzim dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penumpukan racun. Racun tersebut bisa memicu pembentukan kista.  Perkembangan kista juga bisa dikaitkan dengan konsumsi makanan dengan metilksantin dalam jumlah berlebih. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg dalam sehari untuk mencegah pertumbuhan kista.

Makanan Yang Bisa Memperkecil Kista

Buah dan sayuran adalah sumber serat terbaik untuk tujuan ini. Dan berikut ini adalah beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki manfaat dalam membantu mengecilkan kista.

Makanan Yang Bisa Memperkecil Kista

  • Biji rami dan buah pir memilki kandungan serat tinggi untuk membantu menyusutkan kista
  • Sayuran hijau seperti kubi brussel, kangkung, kol, kubis dan brokoli mengandung DIM (Di-Indoly Methane) yang efektif membantu proses  tubuh menghilangkan kelebihan estrogen.
  • Cuka sari apel memiliki kalium yang dapat membantu mengecilkan ukuran kista
  • Buah bit mengandung senyawa betasianin untuk membersihkan racun yang mengendap dalam hati
  • Kacang almond miliki tinggi magnesium untuk menangkal berbagai penyakit dalam tubuh
  • Jahe bisa Anda konsumsi untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan yang terjadi dalam tubuh.
  • Acaiberry mengandung antosianin yang efektif menghambat perkembangan kista
  • Teripang emas, salah satu spesies laut ini memiliki beragam kandungan alami salah satunya glikosida yang bermanfaat dalam menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh
  • Mahkota dewa memiliki senyawa alkoid, polifenol, saponin yang tentu saja bisa membantu penyusutan kista
  • Kunyit putih mengandung abdane diterpene glucoside yang biasa digunakan untuk membantu berbagai pengobatan salah satunya kista.
  • Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang dapat hilangkan kista secara bertahap dengan membunuh virus penyebab kista
  • Daun sirsak memiliki kandungan acetogenins yang cukup efektif menumpaskan sel-sel tidak normal yang berkembang dalam tubuh

Hormon estrogen yang tidak stabilpun dapat meningkatkan pertumbuhan kista meski penyebabnya belum diketahui pasti. Perkembangan kista dapat menyebabkan gejala seperti nyeri punggung bawah, sensasi berat di perut bagian bawah, hubungan seksual yang terasa tidak nyaman / sakit, kesulitan buang air besar, inkontinensia urin dan perdarahan menstruasi dengan nyeri yang parah. Untuk itu, pengobatan rumah tertentu dapat membantu mengurangi gejala, walaupun belum ada cukup bukti untuk mendukung klaim ini.

Alternatif Pengobatan

Menurut seorang ahli kesehatan wanita yang berasal dari China, minyak jarak dapat membantu mengurangi ukuran kista dengan merangsang sirkulasi darah dan menyeimbangkan hormon. Anda bisa menghangatkan sejumlah kecil minyak jarak dan menerapkannya ke bagian tubuh yang terdapat kista. Tutupi area dengan bungkus plastik atau dengan tutup alas pemanas, atau bisa juga dengan botol air panas selama 30 sampai 60 menit, lakukan ini dua atau tiga kali sehari.

Anda juga bisa mencoba untuk tidak mengkonsumsi makanan non-organik seperti produk kedelai, susu, gula, alkohol, kafein dan karbohidrat olahan karena kandungannya dapat membuat tubuh memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang lebih banyak.

Mungkin suplemen vitamin B-kompleks dapat membantu hati Anda memecah produksi estrogen yang berlebih. Selain itu, kandungannya juga bermanfaat dalam mengatur pendarahan, mentralisir racun dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, bantuan in

Dr. Sellman merekomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin B-kompleks, yang dapat membantu hati Anda memecah estrogen. Vitamin E juga dapat membantu menormalkan kadar estrogen Anda dan mengatur perdarahan yang berlebihan. Jika Anda mengalami gangguan pada buang air besar, Anda dapat meningkatkan asupan serat Anda untuk membantu mengurangi jumlah estrogen yang mungkin diserap kembali di usus Anda. Selanjutnya, mengambil enzim sistemik dapat membantu melarutkan bahan keras dan fibrotik dari kista.

Semoga informasi Makanan yang bisa memperkecil kista diatas, bisa meringankan kondisi Anda secara bertahap untuk mendukung proses pemulihan yang lebih cepat dan Anda bisa lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *